Qutub Minar | Eksotisnya Menara Batu Tertinggi di Dunia

04:40



Hari pertama di India, belum ada schedule selain acara welcome dinner di malam hari, kami putuskan untuk beredar di sekitar Delhi. Berhubung minimnya informasi yang kami kumpulkan sebelum berangkat, jadi kami beredar tanpa rencana harus kemana dan menggunakan apa.

Sebenarnya metro bisa jadi andalan transportasi yang murah dan lumayan nyaman (karena ber AC), dengan kondisi suhu Gurgaon -  Delhi yang mencapai 40 C saat itu, sangatlah tidak bijak beredar di jalanan India yang super panas.
Sayangnya saat itu kami belum menemukan bagaimana cara kami dapat menggunakan transportasi umum yang murah meriah itu.

Akhirnya dengan taxi yang (tidak) dingin AC nya kami meluncur ke Qutub Minar. Tentunya mudah saja kami memasukkan Qutub Minar dalam list kunjungan kami, mengingat Qutub Minar cukup terkenal dan muncul pada halaman Google saat kami mencari tujuan wisata di Delhi.

Setelah perjalanan yang lumayan jauh, sampai juga di kawasan Qutub Minar.
Cukup banyak wisatawan yang datang berkunjung mungkin karena bulan Mei holiday season. Penasaran juga mengapa begitu banyak pengunjung Qutub Minar, apa sih daya tariknya.

Jarak parkir ke gerbang masuk area Qutub Minar lumayan juga ditempuh dengan berjalan kaki.
Tiket masuk untuk wisatawan asing 10 kali lipat dari wisatawan domestik, sebesar 250 rs sekitar Rp. 50.000,-

Memasuki area Qutub Minar, tampak dari kejauhan monumen ini menjulang tinggi berdiri kokoh. MashaAllah, benar-benar bagus menara yang dibangun mulai abad ke-12 ini (minar atau minaret berarti menara)



Berdiri kokoh setinggi 73 meter dibangun dengan bata merah dan ada bagian yang dibuat dari batu marmer yaitu di ujung atas.
Badan Qutub Minar pun diukir dengan kaligrafi indah berasal dari ayat-ayat Al Quran.
Amazing, peninggalan penguasa Islam di India abad 13 berupa bangunan dengan arsitektur yang hingga kini masih bisa dikatakan sebagai arsitektur yang indah.

Ada juga reruntuhan masjid sebagai salah satu sisa kejayaan islam di India. Walaupun tidak utuh lagi, namun masih bisa dilihat betapa Islam pernah berjaya di tanah Hindustan yang mayoritas beragama Hindu. Peninggalannya pun bisa dinikmati oleh banyak kalangan masyarakat India bahkan dunia, tanpa melihat status agama.
arak parkir ke gerbang masuk area Qutub Minar lumayan juga ditempuh dengan berjalan kaki - See more at: http://lalasukma.com/201406/qutub-minar-delhi-india.html#sthash.3j8pZhbS.dpuf

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts