Reminder Pagi

05:21


Francis Bacon mengatakan Knowledge is power.
Saya sangat setuju dengan beliau yang hidup di tahun 1561-1626, hingga abad ini pendapatnya tetap berlaku.

Sebagian orang beranggapan bahwa orang tidak bisa sukses karena tidak punya latar belakang pendidikan yang tinggi, tidak punya keluarga yang kaya raya, ataupun faktor-faktor lain yang biasa digunakan sebagai alasan.
Padahal semua orang bisa meraih sukses, ini sih hanya urusan bagaimana mereka menginginkannya dan apakah mereka melakukan sesuatu untuk mencapainya.

Ada juga anggapan bahwa untuk sukses orang butuh keberuntungan. Mungkin iya kita butuh keberuntungan, tapi tidak banyak. Kita lebih butuh banyak kerja keras, pengetahuan, dan penerapan dari pengetahuan alias praktek.
Tanpa itu keinginan untuk sukses akan hanya sebatas keinginan.

Dalam perjalanan hidup saya ketika masih kuliah, pernah saya bertemu seorang Bapak, beliau pengusaha besar memiliki pabrik kayu pada waktu itu termasuk yang terbesar di daerah sini, juga memiliki usaha fashion retail cukup ternama. Banyak hal yang saya pelajari dari beliau, saya sempat berpikir mungkin beliau ini lulusan luar negeri, atau dari keluarga kaya raya yang kekayaannya bisa diwariskan turun temurun.
Tetapi sangkaan saya meleset jauh.
Beliau hanya tamatan SMP, tetapi luar biasa cara berpikirnya, luar biasa cara bertuturnya walaupun sederhana tidak muluk-muluk tapi terlihat smart.

Nasehat beliau saat itu, bahwa kita boleh terlahir dari keluarga sederhana, kita boleh tidak berkesempatan mengenyam pendidikan tinggi karena mungkin kondisi yang tidak memungkinkan.
Tetapi cara pikir kita jangan terlampau simple, jangan hanya menyerah karena tidak sekolah tinggi. Ilmu pengetahuan itu adalah modal, adalah kekuatan manusia untuk bertahan hidup.
Karena belajar bisa dari mana saja.

Nah…tinggal kita mau belajar atau tidak, balik ke diri masing-masing.
Karena yang saya lihat dan rasakan saat ini banyak sekali generasi bangsa ini yang malas untuk belajar dan mencoba hal-hal baru hanya karena merasa sulit. Mereka cenderung melakukan hal-hal yang mereka anggap mudah (contohnya ganti DP BB, nyetatus alay di socmed, hehe…tapi tidak ada waktu buat memperkaya pengetahuan), dan meninggalkan yang mereka anggap sulit tanpa mereka mencoba untuk belajar dan praktek mengerjakan.

Percaya deh friends…semua orang sukses itu pasti pernah salah, pernah gagal, pernah “belum bisa”. Trial error itu hal yang biasa. Jika memang saat itu belum berhasil, tetap kita dapat pengetahuan baru kan…, at least kita ga berada di tempat yang sama lagi, maju selangkah.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts