Pashmina Kullu | Craft Cantik ala Himalaya

23:01


Pashmina banyak digemari oleh orang Indonesia, hingga di dunia fashion Indonesia pashmina ini lumayan dikenal dan dipakai orang untuk penutup kepala.
Dari yang berbahan katun, sifon, rayon, kaos hingga sutera dengan berbagai macam motif.
Padahal sebenarnya ada salah kaprah tentang pashmina. Inipun terjadi ketika saya menyatakan ingin membeli beberapa helai pashmina di India.

Di benak saya yang namanya pashmina seperti yang beredar di Indonesia, hanya mungkin India memiliki kualitas yang lebih bagus karena memang begitu yang saya dengar.
Tetapi akhirnya salah kaprah ini membuat saya memiliki pashmina yang asli.

Kebiasaan orang menyebut selendang, kerudung atau hijab sebagai pashmina karena adanya perkembangan fashion di kalangan hijabers. Tidak banyak yang tahu bahwa yang sehari-hari digunakan itu merupakan kerudung biasa yang kini trendnya mengacu pada bahan katun dan sifon.
Tetapi apapun bahannya nama pashmina telah menjadi salah satu trend fashion tidak hanya bagi para hijabers.Wanita pada umumnya juga banyak yang menggunakan pashmina sebagai pilihan fashion style mereka.

Pashmina berasal dari bahasa Persia yang memiliki arti wool. Kashmir merupakan bahan asli pashmina, itulah kenapa sering kita dengar dengan nama Pashmina Kashmir. Ukuran pashmina cukup lebar dan panjang, lebih dari ukuran pashmina yang biasa beredar di Indonesia. Dengan warna dan motif yang artistik serta tekstur yang cenderung sedikit lebih tebal, karena fungsinya untuk menghangatkan badan.

Kullu Manali, merupakan daerah pengrajin pashmina yang terkenal di India. Berada di salah satu lembah pegunungan Himalaya dengan suhu udara dingin dan banyak domba, juga Yak yang merupakan binatang asli pegunungan Tibet Himalaya.

Yak

Yak, pertama kali saya melihat penampakannya ketika saya berada di Rohtang. Binatang besar dengan bulu tebal ini rupanya yang menjadi salah satu bahan baku Pashmina Kullu yang saya dapatkan kemarin di Manali Bazaar.
Meskipun harus mengeluarkan kocek yang cukup lumayan, tetapi tidak ada ruginya memiliki craft cantik ala Himalaya ini sebagai koleksi.

Kini corak motif Pashmina Kullu sudah lebih beragam, tidak hanya corak tradisional hingga keragaman ini akan membuat yang melihat merasa bingung untuk memilih karena begitu cantik dan halusnya pashmina dari pegunungan Himalaya.
Jadi jangan lupa masukkan Pashmina Kullu dalam daftar belanja jika ada kesempatan untuk mengunjungi lembah pegunungan Himalaya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts