Chicken Paratha | Martabak Ala India

23:17



Siapa sangka makanan non jamu ini bisa ditemukan di kota kecil Bharuch.
Setelah bosan dengan Chicken Tandoori, Matka Chicken, Chicken Tikka, maupun Nasi Goreng ala India yang bisa diterima oleh lidah Indonesia saya.
Sabtu petang kami berniat untuk makan malam di tempat langganan nongkrong kami yang menjual berbagai menu makanan ala muslim India.
Ceritanya kami nge-date ala remaja (lupakan sejenak umur) keliling kota Bharuch membeli es potong, panipuri dan beberapa bahan makanan lain dilanjut dengan makan malam (...yang romantis ?).
Jauhkan pikiran dari cafe ataupun restaurant bersuasana asik layaknya di Indonesia. Di India banyak tempat makan ala kadarnya untuk tempat dan interior, tapi jangan tanya rasa masakannya tak kalah dengan masakan ala restaurant di Indonesia.

Perjalanan menuju tempat langganan kami membuat saya menemukan sesuatu yang menarik. Tempat makan yang lumayan ramai pengunjung tapi tidak terlalu penuh. Akhirnya saya meminta untuk berhenti dan mencoba menu baru dari tempat yang lain dari biasa. Suami pun setuju, karena belum pernah mencoba juga sebelumnya.
Hidup monoton jika kita tidak mencoba hal-hal baru kan ?

Benar-benar jenis makanan yang berbeda.
Kami sempat berdiri bingung memilih menu makanan yang buat kami baru (di India). Mata saya tertuju ke bagian counter sebelah kanan, tampak seperti martabak di Indonesia. Walaupun di Indonesia terkenal martabak India, tapi tidak seorangpun di India yang tahu ketika saya menanyakan tentang martabak.
Saya meminta suami untuk bertanya makanan apakah itu yang mirip dengan martabak di Indonesia.

Chicken Paratha, kami pun memesannya.
Meskipun mirip dengan martabak Indonesia, bumbu ala India tetap terasa lebih kental dan asin dibanding martabak Indonesia. Dagingnya pun jauh lebih banyak dibanding dengan martabak yang lebih banyak potongan daun bawang.
Jika di Indonesia martabak disajikan dengan acar timun yang segar dan cabe rawit, tidak dengan Chicken Paratha ini yang disajikan dengan saus hijau yang dibuat dari daun mint dan ketumbar. Saya kurang suka dengan citarasa daun ketumbar hingga saya lebih memilih meminta saus tomat yang disediakan hanya jika kita meminta.
Irisan kol, wortel, bawang merah serta jeruk nipis merupakan acar ala India pun tersaji melengkapi sajian Chicken Paratha.
Setidaknya cita rasa jamu yang biasa ditemui dalam masakan India tidak terlalu kental pada makanan ini.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts