Chicken Shawarma | Cita Rasa Timur Tengah Dalam Kuliner India

19:50


Chicken Shawarma makanan yang populer di Timur Tengah khususnya Arab. Siapa sangka saya akan menemukan makanan ini di Bharuch, kota kecil di area distrik Gujarat. Biasanya di negara asal makanan ini, Shawarma menggunakan daging kambing atau domba, walaupun bisa juga ditemukan pilihan daging lain untuk Shawarma berupa daging sapi, kalkun maupun ayam.

Berhubung sangat jarang ditemukan pemotongan daging kambing di India apalagi sapi, hewan yang disucikan di negara ini, hanya daging ayam yang banyak beredar dijual bebas. Chicken Shawarma yang saya temukan disini mungkin sedikit berbeda dengan Shawarma di negara asalnya.

Irisan daging ayam berpadu dengan kol atau kubis, bawang bombai, bit dan mayonnaise dibalut roti yang dimasak dalam tandoor. Sepertinya Chicken Shawarma disini tidak menggunakan roti pita seperti di Timur Tengah, ketebalannya lebih mirip dengan roti naan, tapi rasanya tak kalah enak dengan roti pita.
Bahan sayurannya pun terbatas, maklum di daerah ini sangat sulit ditemukan sayuran. Selain sayuran di dalamnya, Chicken Shawarma masih disajikan lagi dengan lalapan potongan bit dan saus yang terbuat dari daun mint dan mayonnise.


Jika pernah mencoba merasakan lezatnya kebab Turki, maka mirip begitulah cita rasa Shawarma
Satu lagi kuliner di India yang tidak berasa jamu tentunya cocok dengan lidah orang Indonesia seperti saya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts