Perempuan Harus Punya penghasilan Sendiri. Haruskah ?

20:28

Bisnis Kerja Dari Rumah dan Dari Mana Saja


Ya, harus !

Kenapa sih ?

Faktanya nih, kebutuhan perempuan jauh lebih banyak dari pada makhluk bergender pria, betul ?

Tak heran kan kalau banyak perempuan lebih memilih berkarir daripada diam di rumah saja.

Kalau saya sih, lebih suka nangkring di rumah tapi berpenghasilan. Saya bukan tipe orang yang suka kerja kantoran dari pagi hingga petang dengan rutinitas mingguan seperti itu.

But seriously, perempuan memang HARUS punya penghasilan sendiri, lepas dari fakta tentang kebutuhan perempuan yang lebih banyak itu.

Bagi yang single mungkin berbeda kebutuhan dengan para perempuan yang telah memiliki suami dan anak. Saya sendiri yang sudah bersuami (tanpa anak), tinggal di luar negeri pun mengharuskan saya untuk berpenghasilan. Menurut pandangan saya perempuan yang berkeluarga lebih wajib lagi berpenghasilan.

Well, saya terinspirasi untuk menulis ini karena seorang teman saya yang berada di benua lain lepas subuh tadi menangis tentang terpuruknya dia akibat badai rumah tangga. Dia sebelumnya seorang pegawai fashion branded yang terkenal banget, bahkan di Indonesia banyak peminatnya (middle to high class). Tetapi resign setelah memiliki seorang bayi. Dan... sekarang diterpa badai, dia sama sekali tidak memiliki kekuatan financial untuk dirinya sendiri dan anaknya.
Ini bisa terjadi pada siapapun, tidak peduli pilih ras atau agama apapun, so prepare your life ladies !!!

Intinya begini,

Perempuan, muda, tua, single, married, miskin, kaya (miskin lebih wajib lagi ya ! ) harus berpenghasilan, sebisanya sih meniti usaha sendiri.
Misal perempuan muda, menjelang dewasa, dirinya sudah bisa meringankan beban orangtua dan bisa mencukupi dirinya sendiri.

Kemudian, ketika menikah, seorang perempuan pastinya akan bahagia kalau bisa membantu meringankan beban suami sambil mengasuh dan mendidik anak-anak.
Paling tidak jika punya lahan usaha walaupun kecil yang menghasilkan secara continue, perempuan akan hidup mandiri jauh dari ketergantungan dan penekanan.

Saya juga jadi ingat nih beberapa tahun lalu kalau tidak salah, bahkan menteri pemberdayaan perempuan saat itu pun juga menganjurkan para perempuan untuk punya penghasilan sendiri. Selain urusan bantu suami atau mencukupi kebutuhan sendiri juga misal terjadi kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) atau suami berurusan dengan hukum kita sebagai perempuan masih bisa survive.

Yuk kita renungkan deh...

Perhatikan keadaan buruk perjalanan hidup wanita yang ditinggal suaminya meninggal dunia, harus membesarkan anak sendirian tanpa dana pensiun tanpa penghasilan, atau di lain cerita seorang perempuan yang terpuruk dalam rasa penyesalan akibat bercerai dengan suami dan dia tak berpenghasilan.

Beban resiko jadi perempuan berat juga ya ?


Ini bukan berarti semua perempuan akan mengalami kegagalan dalam menjalani hidup lho ya...
Hanya mencontohkan hal terpahit.
Idealnya memang keluarga bahagia dengan penghasilan yang cukup. Tapi asyik kan jika misalnya seorang istri bisa membantu keuangan keluarga...misal nih jadi ada dana untuk jalan-jalan keliling Indonesia atau mungkin menghadiahkan suami dan anak tiket jalan-jalan ke luar negeri, beautiful life banget kan ?

Ada beberapa teman Indonesia saya (...saya sebut demikian karena teman saya dari berbagai bangsa )
Sewaktu saya berdiskusi masalah hal seperti ini mereka mengemukakan, suaminya bisa mencukupi kebutuhan, buat apa susah payah kerja. Ada yang bilang lagi dilarang suami untuk berpenghasilan (walaupun tidak ngantor), ada juga lagi yang bilang suamiku cinta aku banget deh, jadi kebutuhan selalu ada dan dia tidak memperbolehkan aku usaha apapun.
Saya sih menghargai pendapat teman-teman saya itu walaupun di sisi lain saya menilai itu agak sombong hehe...
Tapi saya paham, itu karena kondisi ekonomi yang bisa dibilang lebih dari cukup (...mungkin)

Bukannya ada pepatah, sedia payung sebelum hujan, bersiap di kala diri sedang tenang.
Karena kita tidak pernah tau apa yang akan terjadi besok, lusa, dan masa depan.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts