Bagore Ki Haveli | Terdampar Di Istana Boneka

22:33



Mampir sejenak di Udaipur setelah perjalanan panjang dari Himachal menuju Gujarat.
Udaipur terkenal dengan sebutan city of lakes karena banyak ditemui danau. Bahkan ada juga istana yang mengapung di atas danau.
Bangunan-bangunan indah di Udaipur merupakan peninggalan dari bangsawan Rajput pada masa dinasti Mewar. Keindahan bangunan dipadu dengan eloknya pemandangan danau dan sekitarnya merupakan daya tarik dari kota Udaipur.

Karena niatnya mampir saja sekedar membuang rasa bosan memandangi jalanan tandus berdebu ala musim panas di India, kami hanya tersasar di suatu tempat yang ternyata itu adalah salah satu museum.
Tadinya kami ingin mengunjungi City Palace dan mencari tempat untuk makan saja, tapi ternyata kami mengambil arah yang salah.
Kerajinan Khas rajashtan
Menengok ke salah satu bangunan besar di jalan yang penuh dengan jajaran toko penjual berbagai pernik bercita rasa tradisional khas Rajashtan.
Kami pun tertarik untuk memasukinya.
Ternyata bangunan ini merupakan museum Bagore Ki Haveli.
Haveli mengandung arti kediaman pribadi atau istana para bangsawan India.

Bagore Ki Haveli
Haveli yang satu ini dulunya merupakan kediaman Perdana Menteri kerajaan Mewar sekitar abad 17.
Memiliki lebih dari 130 ruangan dan lokasinya tepat menghadap danau Pichola memang sangat menarik.
Membayangkan duduk menghadap danau, menikmati keelokan pemandangan ditemani semilir hembusan angin, apalagi jika bulan purnama tentunya sangat indah pantulan cahaya pada danau. Beruntunglah para bangsawan yang pernah menempati haveli ini.

"Istana" Boneka Bagore Ki Haveli

Bagore Ki Haveli merupakan museum budaya yang menampilkan para boneka beraneka kostum warna warni.
Dari kostum Maharana dan Maharani hingga seluruh pakaian tradisional yang pernah dipakai di jaman kerajaan.
Beraneka macam model turban pun dipamerkan, mengingatkan saya pada blangkon penutup kepala khas Jawa yang dibuat dengan melilitkan kain tradisional.
Tak jauh beda seperti blangkon, beraneka model turban yang dipamerkan di Bagore Ki Haveli juga merupakan kain panjang yang dililitkan pada cetakan kepala dengan berbagai cara, hingga menghasilkan beberapa model turban.

Turban Rajashtan
Ruangan Dalam Haveli
Detail Bangunan
Desain ruang peraduan sang Maharani pun tak kalah menarik, di sini diletakkan beberapa barang yang pernah dipergunakan wanita bangsawan pada saat itu.
Di setiap ruangan terdapat koleksi yang berbeda, dengan interior yang cantik.
Kerajinan glass work tak kalah memukau, tampil di beberapa ruangan Haveli.

Di ruangan lain museum, terdapat ruangan yang memamerkan senjata yang digunakan masing-masing Maharana yang pernah berkuasa di dinasti Mewar. Masih tampak bagus terawat tanpa karat. Menjadi saksi bisu kekuatan Sang Maharana kala itu.

Senjata Sang Maharana

Sebenarnya akan lebih menarik jika saya bisa menyaksikan penampilan tari tradisional yang memang ada jadwal setiap sore. Tarian yang merupakan salah satu budaya masyarakat Rajashtan konon  sangatlah indah.
Namun sayang kami tak bisa menunggu hingga sore karena harus segera sampai di Gujarat hari itu juga.



You Might Also Like

0 comments

Popular Posts