7 Alasan Untuk Tidak Jatuh Cinta Pada Pria India

08:48



Hati-hati dengan pria India! Terutama jika kamu mengenalnya dari dunia maya. Kemesraan dan manisnya pria India bak film Bollywood sering ditemui di sosial media. Padahal realita kehidupan di India tak sesuai imajinasi. Sebenarnya film Bollywood merupakan citra yang diimpikan warga India untuk melupakan realitas keseharian.

Menikah dengan pria India membuat saya dihujani pesan-pesan tidak singkat di sosial media, seperti instagram dan facebook. Bahkan ada juga yang sampai nyasar ke whatsapp.
Beragam pertanyaan yang dilontarkan, tapi berujung sama. Bagaimana menikah dengan pria India. 

Maraknya sinetron India dari jaman Mahabharata, Uttaran hingga Gopi mungkin membuat kecenderungan wanita Indonesia lebih menggilai sosok pria India.
Tampan, gagah, dan romantis. Itu yang digambarkan oleh wanita Indonesia penggemar pria India. Bahkan tak sedikit juga yang rela mengubah penampilan mereka layaknya perempuan India.

Sayangnya fakta tentang India tak seindah yang diketahui para penggemar film dan pria India.
Teknologi komunikasi semakin canggih dengan fenomena sosial media yang mudah diakses oleh kalangan manapun, membuat kita memiliki kesempatan berinteraksi dengan lebih banyak orang.
Tetapi tentunya hal ini tidak selalu seperti yang kita harapkan.

Sosial media kini berfungsi juga sebagai ajang pencari jodoh. Tak sedikit wanita Indonesia yang terpikat kata-kata manis pria asing terutama dari tiga negara ini. India, Pakistan dan Bangladesh.
Mungkin banyak yang mengira saya mengenal suami dari facebook, bisa jadi info saya merupakan pengalaman pribadi. Sayangnya tidak.
S
aya banyak sekali mendapatkan masukan dari para wanita yang ingin mendapatkan informasi bagaimana berhubungan dan menikah dengan pria India.

Dua bulan pertama saya tinggal di India, ada seorang wanita Indonesia bersuami dan memiliki satu anak menghubungi melalui whatsapp.

Sebut saja Intan.
Intan mengenal Vijay (bukan nama sebenarnya) di facebook kemudian jatuh cinta dengan perhatian dan romantisnya Vijay di setiap percakapan mereka melalui messenger.
Mabuk kepayang, hingga tak dapat melihat keluarga kecil yang selalu ada di sekitarnya.
Dan Intan pun merasa terpuruk ketika Vijay akhirnya berubah, sampai memblokir akun facebook dan whatsapp Intan. Itu terjadi setelah Intan mengirimkan hadiah yang lumayan mahal untuk laki-laki murah seperti Vijay.
Tak hanya hadiah yang bernilai saja, namun Intan juga sempat beberapa kali mengirimkan foto tanpa busana seperti yang diminta Vijay hanya dalam waktu dua bulan hubungan mereka di dunia maya.

Masih banyak lagi cerita teman-teman senasib Intan.
Dari kasus kehilangan uang puluhan juta hingga yang nekat mendatangi langsung ke negeri Hindustan dan berakhir dengan kekecewaan.

Terlalu banyak cerita tragis dari hubungan cinta di dunia maya dengan pria India. Bahkan mungkin jumlahnya hampir menyamai cerita 1001 malam.
Meski begitu tak sedikit juga yang berakhir bahagia.

Jatuh cinta kepada pria India tidak ada yang melarang, tetapi setidaknya perhatikan hal-hal berikut ini.

  1. Jangan anggap seluruh pria India di dunia maya berhati malaikat

    Kata-kata manis romantis, perhatian lebih dalam setiap percakapan di dunia maya ? Faktanya tak banyak pria India yang begitu. Kejahatan seksual hingga kekerasan dalam rumah tangga berupa fisik maupun verba bagaikan makanan sehari-hari di India.
    Bagaimana dengan dunia maya yang saat ini marak dengan virus cinta pria India ? Di dunia nyata kita bisa melihat banyaknya kriminalitas tentunya kesempatan itu akan lebih besar di dunia maya.

  2. Kenali dia luar dalam

    Mengenal bukan hanya sebatas percakapan di chat, saling tukar foto dan sejenisnya. Hati-hati beberapa kasus pacaran di dunia maya mereka mengirimkan foto yang berbeda dengan aslinya (milik orang lain).
    Ajak dia untuk bertemu, sebaiknya biarlah sang pria yang datang. Tidak perlu khawatir, jika memang pria itu serius pasti punya segala cara untuk bisa datang ke hadapan wanita pujaannya.

    Selain itu perlu diketahui hampir semua pria India punya karakter keras, bahkan tak jarang ditemui mereka saling berteriak dan beradu argumen. Namun bukan berarti mereka semua kasar, memang begitulah karakternya.
    Sangat kontras dengan kepribadian masyarakat Indonesia yang halus budi bahasanya, apakah ini bisa diterima nantinya jika memang benar akan terikat dalam pernikahan.
    Hal yang menyangkut sifat, watak dan karakter asli tentunya tidak bisa hanya dikenali lewat chat saja.


  3. Kenali keluarga dan lingkungannya

    Tidak hanya tentang menikah dengan pria India saja, menikah dengan pria Indonesia ataupun suku bangsa lainnya pasti membutuhkan penyesuaian dan kecocokan dengan keluarganya. Bukankah ada kalimat bijak yang mengatakan, menikah tidak hanya tentang menyatukan dua manusia saja tetapi juga dengan dua keluarga.
    Terlebih di India, keluarga mempunyai peran penting. Apakah siap dengan keluarga yang selalu berusaha mencampuri segala aspek hingga privasi pun nyaris tak ada di sana ?
    Jika tidak, tinggallah menjauh dari negara India.
    Istri adalah milik suaminya, anak lelaki tetap menjadi milik ibunya sangat berlaku di India.


  4. Budaya India

    India terkenal kental tradisi dan budayanya. Dari pakaian, festival keagamaan, kehidupan sehari-hari yang jauh berbeda dengan di Indonesia.
    Harus memiliki kesabaran dan bisa menghormati tradisi yang ada walaupun mungkin bagi kita yang terbiasa hidup di Indonesia hal itu hanya bisa dipandang dari sudut negatif.
    Tapi bukankah jika ada sudut negatif kita bisa mencari sisi yang positif juga.

    Walaupun serasa hidup di abad pertengahan saya banyak belajar hal-hal baru yang tidak akan saya dapatkan jika masih tinggal di Indonesia

    Budaya dan tradisi India juga mengatur tentang perjodohan. Setinggi apapun pendidikan orang India, mayoritas dari mereka masih mengikuti tradisi perjodohan untuk mendapatkan suami atau istri.
    Jadi memang tidak banyak yang serius untuk menjalani pernikahan dengan orang asing terlebih hanya dikenal dari facebook.


  5. Kondisi negara India

    Jauhkan pikiran dari tempat-tempat cantik yang dilihat pada film India. Faktanya tidak banyak tempat bersih dan asri di sini.
    Kota-kota besar bahkan metropolitan sangat jauh berbeda dengan di Indonesia apalagi kondisi kota kecil bahkan desa.

    Bayangkan jika di metropolitan saja sapi, babi hutan, monyet hingga keledai bebas berkeliaran. Kondisi lalu lintas yang tak pernah sepi dengan bisingnya klakson, bau pesing di segala penjuru kota, hingga kondisi fasilitas listrik di India yang sering padam bahkan di musim panas yang suhunya bisa mencapai di atas 40 derajat menambah deretan alasan mengapa India tidak menarik untuk dijadikan tempat tinggal.

    Kesenjangan sosial sangat lebar ditunjang lagi dengan padatnya penduduk di India. Hal ini menjadikan banyak pelaku kriminal, penipuan hingga perkosaan terjadi di India.
    Tak heran jika akhirnya mereka juga melakukan kejahatan melalui sosial media.

  6. Gunakan logika

    Bukan saya meremehkan cinta di dunia maya atau melarang menikah dengan pria India, karena tidak sedikit juga teman saya yang berakhir bahagia di pelaminan gara-gara menemukan cinta di dunia maya. Namun mereka masih menggunakan logika meskipun harus menekan sementara perasaan jatuh cinta.
    Carilah info sebanyak-banyaknya dan lakukan analisa dengan bijak.
    Karena tidak semua pria iseng, meski perbandingan yang serius dan iseng hanya 10 : 1000 jadi berhati-hatilah.


  7. Hormati dan hargai diri sendiri.

    Jangan terbuai dan jatuh dalam rayuan maut.
    Ketika permintaan si dia sudah melampaui batas susila, tentunya si dia termasuk kategori hanya iseng saja. Jangan tunda lagi segera blokir.



    note :
    Foto by Google - 3 idiots

You Might Also Like

59 comments

  1. Tepuk tangan *plok plok plok :)

    Siap siap dpt email segunung tiap hari. Ntar tulisan ini aku referensikan buat cewek2 yg tiap hari ngerumunin emailku kayak gula manis :)))

    ReplyDelete
    Replies
    1. lah sudahhhh, tanpa ini pun sudah membanjir pertanyaan - dijawab - ngeyel hahaha

      Delete
  2. Haiaaah...Good mbak Sukma Patel. Akhirnya dirimu menuliskannya dengan sangaaat cyantiiik..Loooppeee banget tulisannyah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya mba yang cantekkk bukan tulisannya :D

      Delete
  3. padahal kalau di film-film kayaknya pria india itu romantis abis ya, mbak. hihi. trus kayaknya kalau mau tahu kehidupan india asli nonton serialnya aja kali ya ketimbang film yang kebanyakan syuting di luar negeri itu. heu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyakin nonton film India yang bermutu Mba, biasanya potret sosial masyarakat India ditampilkan di situ, jangan roman2 nya aja hahaha... India ga ada roman2 an, mayoritas masyarakat masih mengikuti tradisi perjodohan, ga ada namanya pacaran mba :) Hanya sedikit saja yang bisa pacaran, itupun biasanya yang berada di kota metropolitan dan tidak sebebas di Indonesia.

      Makanya pelampiasannya mungkin ke dumay, cybersex dll

      Kepoin tulisan saya aja, inshaallah saya akan menulis pengalaman yang saya alami dan lihat di sini.

      Delete
  4. Whoaaa serem juga yah? Kudu ati2 nih, soalnya beberapa kali ada cowok india invite di fb. Trus kirim2 chat gitu. Hiii... takut!!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di India sudah jadi rahasia umum itu mba masalah cybersex, saya sendiri ga ada pertemanan dengan laki2 India di dumay, socmed paling laki2 dari keluarga atau kolega yang benar2 dikenal baik. Kalau saran saya jangan diterima yang add fb seperti itu :)

      Delete
  5. Minta wa kirim email ya pengen banyak tau tentang india

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja mba ke belleza2510@gmail.com :)

      Delete
  6. Kirim no wa dong ya mau tau lebih lanjut ttng india thx

    ReplyDelete
  7. Mbaak...mau tanya donk,kira2 kalo backpacker sendirian disana aman ga ya?mungkin ada beberapa kota yg aman dan ga aman.minta infonya dong...trim's dan salam kenal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk perempuan ga saya sarankan untuk sendirian meski banyak yang nekat dan bilang aman. Itu MUJUR! :) Email aja ke Sukmapatel@gmail.com mau tanya2 apa inshaAllah saya balas :)

      Delete
  8. Mbaak kira2 klo backpacker sendirian di india aman ga ya?mungkin ada beberapa kota yg aman dan ga aman.mohon share info donk...dari kashmir hingga kerala trim's dan salam kenal sebelumnya dr sy :D

    ReplyDelete
  9. Mbaak kira2 klo backpacker sendirian di india aman ga ya?mungkin ada beberapa kota yg aman dan ga aman.mohon share info donk...dari kashmir hingga kerala trim's dan salam kenal sebelumnya dr sy :D

    ReplyDelete
  10. hi, salam kenal mbak sukma
    aku boleh nanya2 ga tentang india
    bisa whatsapp/instagram/ atau soc med lainnya? thank you

    ReplyDelete
    Replies
    1. Instagram follow aja SeedlessCherry
      Kalau mau tanya panjang mending ke email sukmapatel@gmail.com aja ya :)

      Delete
  11. Bener banget nih. Saya kenal dg pria india dr sosmed awal2 ktmuan d indonesia manis bngt sampe dia bela2in telusuri rumah saya.setelah itu dia kasih kabar ke saya mau balik ke negaranya bilang saya mau menikah wahh gak beres ni cowok.


    Btw mbk saya boleh minta email atau whatsapp nya kah biar saya lebih tahu tentang india.

    ReplyDelete
  12. Meskipun jelas saya tidak pernah punya pengalaman asmara dengan pria India, tapi saya termasuk yang sering dapat pesan pribadi dari beberapa pembaca, yang intinya menanyakan soal India dan berhubungan dengan pria India. Selain itu juga dengan pria-pria Nepal. Karena saya sering dan pernah jalan-jalan di kedua negara ini.

    Rata-rata memang para wanita ini terbuai dengan 'rayuan' pria India. Sampai-sampai rela, mau berkunjung ke India, meskipun belum pernah ke luar negeri sekalipun. Dan setuju dengan tulisan mbak di atas, saya selalu sarankan agar sebaiknya pria itu saja yang berkunjung ke sini. Kalau memang dia serius.

    Well, memang banyak pria India yang saya kenal baik. Tapi kalau misalnya baru kenal sepintas lalu, dan lewat dunia maya yaaa penjajakannya harus lebih lama lah :-)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ig, FB, email penuh kiriman dengan pertanyaan yang sama, tentang pria India. Semua mengaku "berhubungan" dengan pria India dan mayoritas kalau baca ceritanya ya mereka cuma ditipu. Baru kapan itu ada juga yang nekat nyamperin ke India, eh ternyata si laki2 beda ama selama mereka cyber date...ketemunya si laki2 supir rikshaw yang ga banget lah kondisinya.

      Tapi lucunya setiap mereka tanya ke saya dan saya jawab jujur sesuai fakta mereka malah ga percaya dan melakukan pembenaran atas pikiran mereka sendiri hehe... ya sudah kerugian ditanggung penumpang aja lah.

      Delete
  13. Mbak Sukma cantik, tanya dong, bagaimana caranya dapat suami pria India? Bagaimana rasanya punya suami India?
    Wakakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya kirim krupuk ke Gujarat dulu :p

      Delete
    2. Krupuk upil, cari impor an dulu :D

      Delete
  14. Wow mbak, saya baru pertama tau ada orang Indonesia yang menikah sama orang India. Kayaknya kuper banget deh saya ini hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak kok, yang cuma jadi korban laki-laki india lebih banyak lagi :) Lebih baik kuper hehe daripada kebanyakan gaul nanti jadi korban juga.

      Delete
  15. Sebenarnya film Bollywood merupakan citra yang diimpikan warga India untuk melupakan realitas keseharian wahhg klo ke India jangan backpackeran kali ya mba harus ama suami dan travel resmi, tfs mbaaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pake travel resmi muahalll hehe... saya ama suami tukang ngeluyur sejati mungkin ya, kemana-mana bawa mobil sendiri. Boleh klo ada yang mau traveling kontak saya untuk tanya-tanya referensi ya.

      Delete
  16. oo pantesan banyak inbox dari pria india ngajak kenalan (ga pernah dibales).
    salam kenal... ig nya barusan aku follow ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya banyak yang iseng, dengan motivasi macam-macam. Ada yang butuh cyber sex aja, ada yang butuh nipu demi uang, dll Meski ada juga yang baik, tapi tentunya ga sebanyak yang iseng. Lebih baik hati-hati dengan laki-laki India, Pakistan, Bangladesh yang coba-coba mendekati di medsos. IG nanti saya folback ya... Thank you

      Delete
  17. aku juga dulu pernah kenalan via fb ma orang india..duh super romantis bgt..tp ujung2nya pikirannya ngeres...hbs itu aku blokir fb nya...tp habis itu dia masih kontek aku dengan akun lainnya, n tak blokir juga...hbs itu kapok klu ada org yg add fb, cowok g pernah kurespon

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hebat! Logika dan imannya benar-benar terjaga :) Karena ga banyak lho perempuan yang "sadar" dan pake logika. Kebanyakan mereka terbuai rayuan dan berakhir jadi korban.

      Delete
  18. Hi mba..... salam kenal. Aku baca blognya emang bner banget. Beberapa temanku juga kena. Dulupun aku beberapa kali kenal ama orang india tapi gk pada bener. Modus and kedok belaka. Tapi alhamdulilah aku kenal 1 org india memang lewat situs cari jodoh... Tapi sprtinya super baik dan serius. Ini aku bisa bilang bukan tanpa alasan cuma 6 bulan kenal sudah kirim macem2 dan dy mualaf juga berani perkenalkan aku sama keluarganya. Dan yang lebih penting gentle untuk janji datang dan ngomong lgsng ke ortu by video call. Alhamdulilah juga gk pernah tanyaa photo atau sejenisnya by cam. Tapi klo indian lain mah haduuuhh omdo no action. sekarang kami sedang urus dokumen pernikahan mba. Boleh tau mba dlu menikah d india atau di indonesia??? Bisa kontak lebih lanjut mba by email atau whatsaap?

    Makasih sblmnya mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah kalau dapatnya yang baik :) 1 diantara sejuta kali ya hehe...memang ga semua brengsek tapi sayang jumlahnya dibanding yang brengsek ga banyak. Mudah2 an lancar ya.

      Delete
  19. Hi mba.... Aku akan menikah dengan pria india insha Allah February 2018. Sekarang sedang urus dokumen dokumennya. dulu ketemunya via online dating gt mba hehehe. Alhamdulilah berlanjut. Bisa minta kontak yang bisa d hubungi gk mba untuk tanya tnya prosedur menikah dan lain lain???


    Thnx b4 mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. email aja ke sukmapatel@gmail.com InshaAllah saya bantu untuk informasinya :)

      Delete
    2. Maaf ikut nimbrung. Mbak Seruni, selamat sudah menikah ya. Mbak, bisa minta nomor Whatsap atau email?

      Mbak Sukma, saya mau juga ya dikirimi prosedur menikah dengan orang India. Makasih

      Delete
  20. Saya baru saja lost kontak dg cowok pakistan yg saya kenal dr Fb. Dr awal dy manis banget, namun ditengah perjalanan dy minta vc yg gak wajar. Dia gak mau ditolak, dr situ kami sering berselisih pendapat sekalipun saya berharap dy mau menghormati saya sebagai muslim. Pernah saya tantang dy ke indonesia, dy mau asalkan saya turuti semua maunya. Jelas dan tegas saya tolak, Sampai akhirnya dy menyerah, dg memutuskan kontak dg saya. Sakit jg sih sebenarnya, tp itu lebih baik dr pd sakitnya terlambat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau ga sekuat Xena Warrior princess mental dan fisiknya, dan ga sekuat wanita2 keluarga Rasulullah imannya jangan pernah berhubungan dengan laki-laki Asia Selatan. Just my advice daripada hancur lebur luar dalam nangis di pojokan dapur :p

      Delete
  21. Saya jd korban php cowok India,pacaran 2th,kenal di fb,ketemuan,dan sempat melamar,ujung ujung nya di php,, rayuannya cowok India mmg kelas dewa,manis bgt,,tp ga bs pegang komitmen ,,

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jangan diulangi :D complicated urusannya ga cuma masalah si laki2, mesti menaklukkan keganasan keluarga dan lingkungannya juga :)

      Laki2 Indonesia masih banyak lhooo

      Delete
  22. Saya jd korban php cowok India,pacaran 2th,kenal di fb,ketemuan,dan sempat melamar,ujung ujung nya di php,, rayuannya cowok India mmg kelas dewa,manis bgt,,tp ga bs pegang komitmen ,,

    ReplyDelete
  23. Sangat bermanfaat mba,
    oh apakah laki" di india terutama di khasmir yang mayoritas Islam sama dengan laki" di Ibu kota india tersebut?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emangnya agama yang dianut menjamin baik buruknya orang? Jangan hanya lihat tentang laki2 nya saja. Tradidi masyarakat dan keluarga itu jauh lebih mengerikan. Saya yang sudah pengalaman melihat langsung lebih menyarankan jangan kalau ga kuat iman, mental dan fisik :)

      Delete
  24. Sangat bermanfaat mba sukma,
    hmm bagaimana dengan laki" dikhasmir yg mayoritas islam, apakah sama dengan yg mba paparkan?

    ReplyDelete
  25. Sangat bermanfaat mba sukma,
    oh ia mba bagaimana dengan laki" yang tinggal di Khasmir, bramulla apakah sama dengan laki" yg di india yg sudah mba paparkan?
    Sebab mereka mayoritas penduduknya islam.

    ReplyDelete
  26. Hai mba.. salam kenal..
    Btw, di india juga ada kawin cerai juga ga sie mba.. soalnya aq baca di india masih kental perjodohan gitu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Perjodohan itu juga ada baiknya karena mereka akan lebih bisa menerima dan menjalani kehidupan secara normal dalam tradisi dan keluarga yang masih kental. Karena orang asing kalau menikah dengan India pasti mendapatkan mimpi buruk bukan mimpi seperti yang dilihat di film2 bollywood. Jangan liat laki2 nya aja, keluarga besar dan tradisi itu pasti melekat erat pada diri si laki2 juga. Cerai sih ada tapi ga banyak. Perceraian wanita Indonesia yg menikah dengan India? Buanyakkkkk banget :)

      Delete
  27. Aduh jadi bingung nih mb aku juga mau nikah sama pacar ku tapi kalo soal tinggal diindia kok jadi ragu ya 😑😑

    ReplyDelete
    Replies
    1. Menikah itu tidak hanya dengan si laki2 lho...kenali keluarganya ini wajib pake banget. Jangan biarkan cinta beneran buta, ada akal, ada logika. Pikir berulang kali sebelum memutuskan.

      Delete
  28. Duhh kok jadi bingung gini ya mb soal tinggak diindia ... Aku juga lagi ada rencana bakal menikah sama kekasih ku dia warga india punjabi ... Tp baca artikel ini kok hrus fikir lagi yaaaaa😔

    ReplyDelete
  29. Aku beruntung dapat yang baik..udah dua kali keindonesia ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha... jangan takabur duluuu... itu ga jaminan. Apalagi kalau mau menikah harus kenali keluarganya baik2.

      Delete
  30. saya juga kenal dengan pria india, dah setahun ini.. 3x bertemu. Dia baik, dan seorang polisi disana. beberapa kali mmg sempat ada rayu2an dikit... tp pada pertemuan ketiga, saya baru tau kl dia punya GF, yang ktnya dia ga suka krn cuman dijodohin. Hmmmm.... ga begitu percaya sih, ga suka tapi kok dr thn 2016 hubungannya ternyata. Saya dah blokir dia... tp dia nya ttp ajah coba hubungin saya. Menurut mba bagaimana yaaaa kasus saya ini?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya udah tau sendiri kan jawabannya? Jangan ngikutin napsu, pake logika ya... klo udah blokir ngapain masih mikir ini itu. Hubungin ya cuekin aja hapus semuanya dari otak dan perasaan.

      Kalau GF itu bukan dijodohkan. Perjodohan di sini pun ada taaruf kalau salah 1 pihak ga mau juga ga akan lanjut. Nanti someday saya akan tulis masalah perjodohan yang orang2 salah kaprah.

      Delete
  31. Very nice and informative article.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank you :) I just shared what I see and hear here. India nice country for tourist to explore, but for living here or marry Indian man thats too complicated right? :)

      Delete
  32. Very nice and informative article. I fully agree about what you wrote about life in India.

    ReplyDelete
  33. Dear mb Sukma.. Ngalamin nih bru2 aja.. 35 cwok india sending request friend, cm 1 yg aq acc.. Aq cek 1-1 profilnya,byk yg fake, byk jg yg alay dan ngeres.. Nah yg aq acc ni krja di dubai.. Alus orangnya.. Nggak ngeres mnta aneh2 di dlchat.. Dia brencana pgn cri krja di singapore, 5th di dubai dia rasa ckup, plus klo di singapore dkt sm indo.. Ktanya sih pgn ktmu gt.. Ktanya.. Smpet nanya knp gak milih balik ke india aja mengingat uda ada pnglaman di dubai, dia blg dia gak mau hdup di india, berat ktanya.. Eniwei,makasih yaa mbak infonya, bner, perlu bgt cri info sbnyak2nya ttg org india ini.. Jgn smpe ketipu..

    ReplyDelete

Popular Posts