Cerita Pav Bhaji Hidangan Cepat Saji Khas Maharashtra India

01:54



Penjual Pav Bhaji sangat mudah ditemukan hampir di seluruh wilayah India. Di sepanjang jalan ketika hari mulai petang, pada setiap deretan penjual street food pasti bisa kita temukan si Pav Bhaji ini.

Sebenarnya makanan ini tercipta dari kebutuhan para pekerja pabrik tekstil di Mumbai, Maharashtra akan makanan yang penyajiannya cepat, murah namun memiliki nutrisi lengkap. Jadilah mereka mencampur banyak sayuran dan dibumbui dengan rempah-rempah India yang terkenal nendang aroma dan rasanya, inilah yang dinamakan Bhaji. Untuk melengkapinya disajikan pula potongan roti hangat yang sebelumnya dipanaskan dahulu dengan mentega. Roti ini yang disebut Pav.
 



Penjual Pav Bhaji


Cerita tentang Pav juga tak kalah menarik lho. Dengan beberapa versi cerita, mungkin ini yang menjadikan Pav Bhaji semakin kondang pamornya di kalangan pecinta kuliner India.

Cerita pertama, karena dari cara penyajiannya Pav selalu berupa empat roti dalam satu potongan yang kemudian dimakan dengan cara memotong jadi empat bagian roti mini. Dalam bahasa Marathi Phav berarti seperempat, dari sinilah pemilihan kata Phav berasal. Masuk akal juga kan?

Cerita kedua, berasal dari jaman penjajahan Portugis. Seni membuat roti menggunakan ragi yang disebut Pav dibawa oleh Portugis ke India, dimana sebelumnya orang India hanya mengenal roti tak beragi seperti Chapatti.

Cerita ketiga ini merupakan yang paling ekstrim. Karena pembuatan roti ini diremas menggunakan kaki agar mempercepat proses ragi dan adonannya maka dinamakan Pav. Bagaimana bisa memakan Pav jika membayangkan cerita yang satu ini?

Terlepas dari beberapa versi cerita di balik Pav, Pav Bhaji merupakan hidangan street food favorit bagi masyarakat India. Meski kini makanan ini memiliki versi yang berbeda-beda disesuaikan dengan kondisi masyarakat di tiap daerah, pada dasarnya penyajian Pav Bhaji ini hampir sama.

Bhaji biasanya terbuat dari kentang, wortel, kubis, tomat, dan paprika yang direbus terlebih dahulu kemudian dilumatkan menjadi satu dan dimasak bersama bumbu dan rempah khas India. Jika ingin membuat sendiri di rumah juga bisa lho. Banyak toko dan swalayan bahkan pedagang di pasar tradisional menjual bumbu jadi, yang biasa disebut Pav Bhaji masala. Tinggal dicampurkan dengan campuran sayur yang sudah lumat, hingga penampilannya menjadi seperti saus yang sangat kental.
Pav Bhaji disajikan hangat dengan taburan daun ketumbar dan irisan bawang merah menjadikannya lebih menggugah selera yang melihat dan mencium aromanya.

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts