Sangkar Emas Sang Harem

11:49



Mata wanita bangsawan itu memandang ke bawah. Satu kejadian akan terungkap, dari prosesi di luar Hawa Mahal.
Dia melihat dari salah satu jendela, yang terbuat dari batu pasir merah yang ia rasakan gemerisik di jari kakinya.
Wanita kekasih Sang Maharaja Rajput tersenyum, dari jendela suatu karya seni yang rumit. Dari jendela yang indah itu angin segar sepoi-sepoi menyapu wajahnya.
Di luar sana ia lihat banyak orang tua, muda dengan pakaian warna warni indah yang sederhana. Keceriaan terpancar pada mereka, dengan parade gajah tunggangan yang diberkati dewa.
Ia kembali tersenyum pada dirinya sendiri, menutup jarokha dengan riang.
Kepada teman-temannya, ia akan punya cerita untuk diceritakan.

Kisah diatas hanya kiasan untuk menggambarkan suasana Hawa Mahal saat masa pemerintahan Maharaja Sawai Pratap Singh.
Ketaatannya pada dewa Krisna menginspirasi sang Maharaja membuat bangunan dengan arsitektur seni yang tinggi, berbentuk mahkota dewa Krisna.
Siapa yang tak kenal dengan ikon dari pink city ini? Termasuk dalam segitiga emas wisata India, Delhi, Agra, dan Jaipur, Hawa Mahal menjadi salah satu tujuan wisata India yang banyak dikunjungi.
Letaknya yang strategis, tak jauh dari deretan bangunan berwarna pink dan bazaar di sekitarnya, menjadikan tempat ini sebagai lokasi favorit para wisatawan.


Memiliki 953 jarokhas, dengan detail ukiran yang indah membuat bangunan ini tampak seperti sarang lebah. Dan di balik jarokhas ini terdapat bilik-bilik tempat para harem atau wanitanya si Maharaja untuk memandang ke luar istana. Bilik-bilik ini tersambung dengan istana harem.
Memang ide pembuatan bangunan ini diperuntukkan para harem yang tak bisa dengan mudah keluar melihat sekitar karena adanya aturan purdah.


Meski bangunan yang berwarna emas dengan detail hiasan kaca warna warni khas Rajashtan ini sangat indah. Namun tetap tampak seperti sangkar emas bagi mereka.  

Kerajinan yang terbuat dari kaca ini pernah juga saya temukan di Haveli Udaipur yang masih berada di daerah Rajashtan juga lho. Sepertinya beberapa kerajaan di wilayah Jaipur menggunakan detail seperti ini.
Hawa mahal sendiri terinspirasi dari paduan arsitektur Hindu dan Mughal. Dimana arsitektur Mughal dipengaruhi dengan gaya arsitektur Persia dan Asia Tengah. 

Baca juga Bagore Ki Haveli

Hindari datang ke Jaipur saat musim panas ya, karena tidak hanya masalah panas saja, Jaipur juga diliputi kabut debu yang membuat pandangan jadi tidak jelas.
Kemarin saya berkunjung ke kota ini pada bulan November. Cuaca panas tetap terasa tapi tak terlalu menyengat seperti yang saya rasakan ketika melewati kota Jaipur musim panas lalu.
Meski datang di siang hari, sempatkanlah datang juga pada saat malam. Sinar lampu yang menerpa Hawa mahal menjadikan keelokan warna warni hiasan pada jendela tampak lebih mempesona.



Jarokha : Daun jendela berornamen khas Rajashtan yang biasa dipasang pada balkon.
Purdah : Aturan dalam Hindu dan Muslim untuk menutup wajah bagi perempuan.
Bazaar : Pasar.

You Might Also Like

7 comments

  1. wah bangunan di india indah-indah ya...! saya penyuka film india lho mbak... bener gak kalau mereka sampai sekarang masih menganut sistem kasta dan kurang menghargai perempuan seperti yang saya lihat di tv ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sistim kasta dalam Hindu masih, muslim bukan kasta ya, tapi dalam hal memilih jodoh masih mempertimbangkan yang sesama komunitas. Kalau saya bilang sih ya hampir sama. Sinetron tv jujur saya ga pernah nonton Mba, tapi memang benar peranan perempuan dalam masyarakat India derajatnya masih belum begitu terangkat. Banyak film2 Bollywood yang jauh bermutu dibandingkan dengan sinetron India yang maaf di India sendiri kurang laku. Di sini industri film Bollywood yang laku, biasanya banyak kritik sosial yang disisipkan.

      Delete
  2. Bangunan yang indah ... :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di sini banyak bangunan kuno yang bagus2 dan masih kokoh :)

      Delete
  3. Kalo ada disana aku juga pasti bayangin dulunya si selir didalem istana indah ini kaya burung dalam sangkar emas. Mana selirnya raja kan banyak ya.duh ga kuat diduain.hehe. Aku suka sama kain india, unik dan rumit banget ornamennya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bahannya bagusan tekstil Indonesia kok, kecuali yang harga diatas 2 jutaan agak mendingan :) Di India sendiri sudah mulai banyak yang menggunakan pakaian modern lho.

      Delete

Popular Posts