Sensasi Rasa Nasi Goreng ala India

17:32


Apa sih menu praktis di segala suasana? Nasi goreng tentunya! Tak hanya mudah untuk dibuat sendiri di rumah, nasi goreng juga banyak dijual di warung tenda hingga di restoran mewah. Terutama bagi saya yang berada di negara orang, nasi goreng selalu menyelamatkan ritual makan saya. Terlebih saat Ramadhan seperti sekarang ini. Malam yang terasa pendek mengharuskan saya menyiapkan menu sahur yang praktis.

India memang merupakan negara serba ajaib. Tak hanya tradisi dan budayanya yang sempat membuat saya selama hampir dua tahun merasa stress karena terkena culture shock, makanannya juga ajaib bagi lidah dan perut saya.
Tapi ternyata India memiliki nasi goreng yang khas juga lho. Sama seperti di Indonesia, nasi goreng di sini memiliki cita rasa yang berbeda-beda di tiap daerah dalam wilayah negara India.

Nasi goreng Chinese ada juga di India. Yang satu ini cita rasanya hampir sama di semua daerah. Warna nasi goreng ini berwarna merah pekat karena penggunaan saus tomat yang lumayan banyak. Berbeda dengan nasi goreng ala restoran Chinese food di Indonesia, masakan China di India merupakan sumbangan budaya kuliner dari suku Manchuria.
Nasi Goreng Manchurian
Mayoritas penduduk India yang beragama Hindu menjadikan nasi goreng vegetarian paling banyak ditemukan. Biasanya jadi satu dengan penjual Pav Bhaji yang berjajar sepanjang jalan. Masakan berbahan nasi putih ini dimasak dengan saus yang terbuat dari beberapa macam sayuran. Kentang, wortel, paprika, tomat, dan kol dihancurkan kemudian dimasak dengan bumbu rempah hingga menjadi saus kental untuk membuat nasi goreng vegetarian atau yang dikenal juga dengan nama Tawa Pulao. 

Baca juga tentang Pav Bhaji.

Tawa Pulao
Untuk nasi goreng India juaranya adalah nasi goreng tawa yang biasa dijual di muslim area. Bagi manusia karnivora seperti saya tentu nasi goreng yang dimasak dengan irisan daging ayam dan telur lebih menggiurkan untuk disantap.
Cita rasa nasi goreng ini sungguh special. Mulut serasa dimanjakan dengan aroma rempah-rempah eksotis yang khas. Paduan rasa bawang merah, bawang putih, jahe, jintan dan daun ketumbar paling dominan membelai lidah.


Beruntung saya tinggal di komunitas muslim, hingga tak sulit untuk mendapatkan menu sederhana nan special ini. Apalagi saat Ramadhan, warung Tawa Fry buka hingga dini hari, jadi tak sulit menghidangkan nasi goreng spesial ala India untuk menu santap sahur kami.


Photo milik pribadi dan Google

You Might Also Like

0 comments

Popular Posts