8 Minuman Tradisional Paling Populer di India

08:20




India memiliki 29 state yang masing-masing memiliki keunikan kuliner tradisional. Minuman tradisional di India tak kalah terkenal  dibanding dengan ragam makanannya. Tak hanya unik cita rasanya, namun juga banyak khasiatnya. Terutama di iklim ekstrim India, ragam bahan dan rempahnya diracik hingga menjadi minuman segar untuk kesehatan badan.
Berikut adalah minuman populer di India yang saya ketahui.

Masala Chai


Minuman ini paling mudah ditemukan di segala penjuru India. Tak hanya di rumah-rumah, di sepanjang pinggir jalan sangat mudah ditemukan penjual masala chai. Sepertinya orang India tak bisa lepas dari minuman yang satu ini meskipun di musim panas. Menggunakan teh hitam yang terkenal di India, diseduh dengan susu segar dan bumbu masala India seperti cardamom, jahe, cengkih dan kayu manis, menjadikan masala chai minuman segar untuk mengendurkan otot yang lelah. Selain itu bahan-bahannya berkhasiat sebagai anti inflamasi dan mengurangi rasa sakit pada tubuh. 

Rasanya semua orang India bisa menyajikan masala chai, karena di manapun saya bertamu selalu disuguhi dengan minuman ini sebagai suguhan utama. 


Buttermilk atau Chaach


Minuman berbahan susu bercita rasa asam. Buttermilk ini adalah cairan yang tertinggal setelah pembuatan mentega.

Lassi




Yang satu ini adalah kesukaan saya di India. Minuman prebiotik yang terbuat dari yoghurt dan air serta rempah, dan terkadang juga dicampur dengan buah-buahan segar. Lassi ini merupakan minuman segar untuk kesehatan juga lho. Selain untuk pencernaan dan gangguan perut, lassi yang kaya dengan kalsium bagus untuk kesehatan tulang dan menambah energi. Sangat enak diminum dingin saat musim panas tiba.



Nimbu Pani



Merupakan minuman segar untuk musim panas yang sangat ekstrim. Nimbu adalah jeruk nipis atau lemon yang kaya dengan vitamin C. Tentunya tak diragukan lagi khasiatnya bagi tubuh. Di musim panas nimbu pani dingin sangat mudah ditemukan sepanjang pinggir jalan di India.


Aam Panna




Satu lagi minuman segar untuk musim panas yang kaya dengan vitamin C. Terbuat dari mangga muda, gula dan rempah menjadikan minuman ini sangat membantu tubuh dalam menghadapi suhu yang sangat panas.


Falooda




Mungkin ini adalah minuman paling digemari di musim panas. Sering disajikan pula sebagai minuman segar untuk berbuka puasa di India. Masih berbahan susu juga seperti yang lainnya, falooda ini lebih terasa cita rasa krim manisnya. Dipadu dengan sirup, jelly, bihun India, falooda akan lebih nikmat jika diberi toping es krim yang lezat.


Jal Jeera




Menurut saya minuman ini terkesan seperti jamu. Dibuat dari campuran jintan, asam (seperti asam jawa), daun mint dan garam disajikan dengan air es. Orang India menganggap ini merupakan minuman segar untuk mendinginkan badan setelah tersengat matahari, juga untuk memulihkan dari efek dehidrasi.


Ganne Ka Ras




Minuman ini terbuat dari sari tebu, nama lain yang sering disebut di sini adalah sugarcane juice. Maklum bahasa Inggris masih berpengaruh juga dalam bahasa yang digunakan di India. Sangat mudah ditemukan di seluruh penjuru India, harganya juga murah hingga minuman segar ini selalu menjadi pilihan utama di saat dahaga.

Jangan lupa mencicipi minuman-minuman ini saat kalian berkunjung ke India ya! Dijamin akan mendapatkan sensasi rasa yang unik saat meminumnya.


  Credit photo :  Google

You Might Also Like

3 comments

  1. banyak ya ternyata jenis-jenis minuman di India. saya tahunya cuma chai doang. hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa banyak banget, rasanya unik2, bahan utama kebanyakan susu ama rempah. Ga tau tuh orang India enjoy aja minumnya, kalau saya suka beberapa aja.

      Delete
  2. Dr semuanya, kyknya yg ga bisa aku minum cuma buttermilk :p. Ntahlah, msh inget rasa buttertea yg aku minum di korea dulu :p. Tp yg lain2nya sepertinya memang enak mba.. Lassi pernah coba sekali, di thailand tapi.. Agak aneh yaaa, g terlalu mirip yoghurt.. Tp aku msh bisa minumlah.. Ga biasa aja kali

    ReplyDelete

Popular Posts