8 Takjil Buka Puasa ala India

06:38



Beda negara tentu beda tradisi, begitu juga dengan ragam takjil buka puasa di tempat saya tinggal sekarang. Meski tak semeriah di Indonesia, minoritas muslim India juga memiliki makanan khas yang biasa dihidangkan sebagai takjil buka puasa.

Jika di Indonesia banyak penjual takjil dadakan yang dijual beberapa jam menjelang buka puasa, di India hanya di kota besar saja yang memiliki pasar Ramadhan. Namun hal ini tidak membuat muslim India yang jauh dari kota besar merasa kecil hati. Mereka tetap menyambut Ramadhan dengan keceriaan. Para wanita tak begitu saja menyerah dalam menghidangkan menu takjil buka puasa yang menggugah selera.

Biasanya menu takjil buka puasa tak jauh dari bahan daging dan susu. Tahun kedua Ramadhan di India membuat saya lebih mengetahui apa saja tradisi menu buka puasa yang ada di komunitas muslim India

Kheema Samosa

Samosa sangat terkenal di dunia sebagai makanan khas India. Ragamnya pun banyak. Di India karena komunitas Hindu jumlahnya lebih dominan, tentunya banyak ditemukan samosa vegetarian yang berisi olahan kentang dengan bumbu masala khas India. Namun ketika Ramadhan datang, olahan samosa non vegetarian seolah merajai peredaran samosa. Kheema samosa merupakan yang paling digemari sebagai hidangan takjil buka puasa. Terbuat dari daging sapi, daging kambing atau daging kerbau yang dicincang kemudian dicampur dengan bawang merah dan masala. Dibalut dengan kulit yang renyah, membuat saya pun menjadi ketagihan dengan makanan yang satu ini.


Chicken Roll



Makanan yang terbuat dari daging ayam ini juga biasa ditemukan dalam hidangan takjil buka puasa di India. Meski cita rasa masalanya tak seheboh kheema samosa, chicken roll merupakan salah satu makanan yang ramah terhadap selera lidah orang Indonesia.


Seekh Kabab



Bentuknya mirip seperti sosis, memiliki rasa khas ketumbar dan bawang merah menjadikan seekh kabab serasa menendang lidah. Diolah dengan cara dibakar, lumayan mengobati kerinduan saya terhadap kudapan sosis bakar ala kota Semarang.

Onion Pakora



India juga punya gorengan lho. Namanya pakora. Pakora biasanya terbuat dari sayuran atau bawang merah. Yang biasa saya temukan di hidangan takjil buka puasa adalah onion pakora. Jika di Indonesia kita menggunakan tepung terigu untuk bahan gorengan, di India kami menggunakan tepung besan untuk pembuatan pakora.


Bread Pakora



Bentuknya seperti sandwich, bread pakora ini lumayan berat sebagai takjil. Terbuat dari roti tawar yang dioles dengan kentang halus bermasala, kemudian dicelup ke dalam cairan tepung besan sebelum digoreng.


Fruit Custard



Orang India sangat menggemari hidangan yang satu ini. Custard jika di Indonesia lebih dikenal sebagai vla, sangat mudah dibuat. Tepung instan pembuat custard dapat ditemukan di setiap toko bahan makanan, harganya juga terjangkau. Hanya cukup mencampur tepung custard dengan susu murni dan gula, jadilah custard yang lezat. Tinggal diberi toping buah mangga khas musim panas India. So yummy!



Kheer



Hidangan takjil buka puasa yang satu ini paling digemari oleh ibu-ibu Indonesia yang berada di India lho. Ini berdasar saya mengintip status facebook mereka pada Ramadhan tahun lalu. Teksturnya seperti bubur manis, terbuat dari beras, susu, kacang-kacangan dan saffron serta cardamom, membuat cita rasa kheer menjadi lembut, manis dan terasa harumnya.



Falooda


Minuman dingin ini juga mudah dibuat dan disajikan sebagai takjil. Tersedia paket instan falooda dengan aneka rasa buah yang nantinya dimasak dengan susu atau krim. Sebelum disajikan minuman ini didinginkan terlebih dahulu di dalam lemari es. Falooda berisi vermicelli yang teksturnya sedikit berbeda dengan bihun Indonesia, jelly, dan biji-bijian yang manis.

Baca juga 8 Minuman Tradisional Paling Populer di India

Bagaimana? Sajian takjil buka puasa ala India ini tak kalah istimewa bukan? Mungkin ini bisa menjadi ide menu buka puasa kalian selanjutnya. 

You Might Also Like

6 comments

  1. Aissshhhh aku jd pengen ke indiaaaa :D. Kok enak2 banget makanannya... Jd samosa itu dr india yaa? Soalnya di restoran arab ato timur tengH banyak juga dijual samosa.. Aku pikir dr sana malah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makanan komunitas muslim enak-enak pokoknya, bawaan dari jaman kekaisaran Mughal rata-rata non vegetarian, trus pengaruh Persia, Asia Tengah juga pokoknya yang daerah muslim lah. Samosa khas India, mungkin ada kesamaan ya dengan negara Timteng karena banyak orang India juga yang rantau di sana. Yang jelas kalau Pakistan pasti banyak sama makanannya

      Delete
  2. Mbaaaaa Sukmaaa, aku jadi ngiler :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayooo bikin aja mbaaa nyontek resep, ada semua bahannya di Indonesia

      Delete
  3. waa aku suka banget sama samosa, mbaak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama ga ya rasa samosanya? Di sini rasa khas garam masala di setiap makanan, itu yang bedain versi masakan India asli ama yang lain

      Delete

Popular Posts