Rander Ramzan Bazaar, Pasar Ramadhan di Kota Surat, India

10:56




Tidak semua kota di India dapat ditemukan pasar Ramadhan. Hanya di kota-kota besar tertentu saja kemeriahan pasar Ramadhan tampak seperti pesta jalanan. Delhi, Srinagar, Lucknow, Hyderabad, Mumbai, Kolkata, Ahmedabad, dan Surat merupakan kota besar yang memiliki jumlah penduduk muslim lumayan banyak. Mengingat kota-kota tersebut juga masuk dalam sejarah kejayaan Islam di India, tak heran jika Ramadhan disambut dengan festival makanan selama sebulan penuh.

Kota Surat jaraknya 120 kilometer dari tempat saya tinggal, Ramadhan tahun lalu saya sempat mengunjungi dan merasakan kemeriahan pasar Ramadhan ala muslim India di kota ini. 

Terletak di kawasan Rander town, area pasar Ramadhan lumayan luas. Banyaknya jajaran mobil dan motor yang parkir jumlahnya mengalahkan yang ada di area parkir mall lho. Pengunjung pasar Ramadhan ini tidak hanya berasal dari kota Surat saja. Muslim maupun non muslim dari luar kota Surat pun datang untuk bisa merasakan kemeriahan yang hanya ada satu tahun sekali. Contohnya saya dan suami yang muslim, datang bersama teman-teman suami dan istri-istri mereka yang semuanya beragama Hindu. Memang mengunjungi pesta jalanan di India lebih asyik jika datang bersama teman atau keluarga.

Jalanan sepanjang pasar Ramadhan sangat ramai, hingga kami berdesak-desakan dengan pengunjung yang lain. Meski banyak penjual makanan di sana namun tiap penjual selalu penuh antriannya. Tapi herannya semua dengan sabar mau menunggu antrian untuk mendapatkan meja dan makanan. 

Ragam makanan di pasar Ramadhan sungguh menggugah selera. Hidangan yang ditawarkan rata-rata non vegetarian. Harumnya daging bakar seekh kabab, chicken tandoori, chicken tikka, hingga kambing bakar tercium di sepanjang jalan. Ada juga martabak seperti yang di Indonesia lho. Tapi di India martabak disebut dengan chicken paratha. Cita rasanya hampir mirip, tetapi chicken paratha lebih kaya bumbu, daging lebih padat dan menggunakan telur ayam. 

Baca juga  Chicken Paratha Martabak Ala India

 
Di pasar Ramadhan Rander saya berkesempatan mencicipi silver chicken yang belum pernah saya temukan di Bharuch. Dari rasa penasaran dengan kata silver, akhirnya saya mendapatkan jawaban. Ternyata makanan berbahan daging ayam ini diolah dengan membungkusnya menggunakan aluminium foil berwarna silver. Rasa bawang putih dan cabai hijau pada masakan ini sangat dominan, cukup lezat dan sesuai dengan selera lidah Indonesia saya.

Pasar Ramadhan Rander mulai ramai dari saat berbuka puasa hingga pagi dini hari untuk melayani pengunjung yang ingin bersantap sahur di sana.

You Might Also Like

2 comments

  1. Duuuh jd pengen nyobain kulinernya kaaaan :D. Aku tuh punya rencana, someday pgn liburan ke negara kayak india, ato negara2 islam dan mlihat tradisi puasanya :D. Takjilnya gmn, bazar ramadhannya gmn.. Seru kali yaa.. Next hrs bisalah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya seruuu, puasanya juga lebih lama dibanding indonesia hahaha

      Delete

Popular Posts